Minggu, 26 Februari 2012

Panduan Belajar Main Blog

Postingan gw selanjutnya nih ttg gimana caranya main blog. Dulu juga gw awalnya bingung tapi lama2 bisa deh.. ya udah langsung aja yaaa... cekidot

Apa sih blog itu???

Awal mula blog adalah web log, tulisan serupa jurnal / buku harian yang ditampilkan di web. Ciri khasnya adalah tulisan tersusun secara kronologis, dengan tulisan terbaru ada pada bagian paling awal / atas. Pada perkembangan selanjutnya web log disebut sebagai blog, dan mulai ditambahkan berbagai fasilitas seperti pengunjung bisa meninggalkan komentar, ada sindikasi dengan menggunakan RSS feed, dan seterusnya.

Blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis di blog tersebut. Ada yang menulisnya dengan dobel g, blogger, ada juga yang menulisnya dengan hanya satu g, bloger. Keduanya punya arti yang sama. Syarat seseorang bisa menjadi blogger hanya satu: bisa menulis! Soal teknologi untuk blogging, ada berbagai banyak pilihan di internet, dan banyak layanan yang menyediakan tempat menulis blog secara gratis, seperti wordpress dan blogspot.

Bagaimana cara membuat blog??

Gampang banget. Ada berbagai pilihan yang menyediakan tempat menulis blog secara gratis, seperti wordpress dan blogspot. Kalau gw pribadi sih,, lebih suka blogspot ya soalnya lebih gampang.

BLOGSPOT

1.Kamu masuk ke www.blogger.com
2.Kamu klik “Memulai”
3.Kamu tinggal isi alamat email (udah harus ada, gak musti gmail), password, nama tampilan (nama yg akan digunakan untuk menandai blog kamu, saran gw sih sebaiknya kamu cari nama yg gampang diingat), jenis kelamin, tanggal lahir, verifikasi kata dan jgn lupa ceklik kolom penerimaan persyaratan. Abis itu klik “lanjutkan”.
4.Isi judul blog (saran gw yg gampang diingat, misalnya ninaddictedforever.blogspot.com), lalu klik “lanjutkan”.
5.Pilih template awal,, lalu klik “lanjutkan”.
6.Yups, blog kamu udah jadi deh,, nah selanjutnya klik “mulai blogging”,, kamu juga jgn lupa buka email kamu (yahoo.com),, untuk memverifikasi, sama kayak kita kalau mau buat facebook.

Posting artikel??

Klik entri baru, lalu kamu tinggal tulis deh artikel kamu,, jangan lupa isi judul dan label artikel kamu (misalnya artikel yg mau kamu posting itu ttg Drama Korea Cruel Temptation, ya udah kamu tinggal kupas yg berhubungan dgn Drama Korea itu dan dilabelnya kamu tulis “Cruel Temptation”). Biar lebih rapi,, kamu bisa klik rancangan,, lalu klik tambah gadget,, terus kami tinggal cari yg namanya “LABEL”. Nah kalau udah ketemu,, klik tanda tambah. Lalu kamu klik “Label Yang Dipilih” terus klik edit (ada dibawahnya),, lalu kamu ceklis deh “Cruel Tempatation”,, lalu klik selesai. Setelah itu di kolom judul tinggal kamu tulis “Drama Korea” abis itu klik simpan (save). Terus kamu klik simpan sekali lagi. Lalu klik lihat blog (disamping tulisan eleman laman ditambahkan).

Mengubah Background

Klik rancangan,, lalu klik perancang template. Disitu ada lima kategori diantaranya, Templates, Background, Adjust widths, Layout dan Advance. Nah,, di bagian Temptales,, kamu silahkan pilih mana Templates yg kamu sukai. Dibagian Background,, kamu klik tanda panah kebawa di kolom Background image,, ya udah,, tinggal pilih deh Backgroundnya,, kalau mau background ciptaan sendiri,, klik aja upload abis itu klik done. Kalau udah selesai,, jgn lupa klik Apply To Blog (nanti akan muncul tulisan Temppale Applied. Setelah itu klik Back To Blogger. Lalu klik simpan, dan klik klik lihat blog (disamping tulisan eleman laman ditambahkan).

Lihat Komentar

Klik rancangan,, abis itu klik pengaturan, klik komentar,di kolom siapa yg bisa berkomentar kamu klik “siapa pun” (supaya yg gak punya blog pun bisa komentarin blog kamu). Abis itu klik simpan setelan. Setelah keluar tulisan setting telah berhasil disimpan,, kamu bisa klik lihat blog.

Kalau kamu mau tahu udah berapa byk yg ngirim komentar ke kamu,, kamu bisa klik rancangan,, tambah gadget, lalu klik unggulan,, terus kamu klik recent comments abis itu klik simpan. Terus klik lagi simpan,, dan setelah itu klik lihat blog (disamping tulisan eleman laman ditambahkan).

cara menghapus postingan

klik dasbor (pas awal kalian masuk ke blog),, terus edit entri,, terus ceklis deh postingan yg mau dihapus,, lalu klik hapus yg dipilih bagian bawah)

Kalau udah selesai ngeblog,, jgn lupa ya log out... Semoga tulisan gw ini bermanfaat ya buat kalian.

2 komentar:

  1. gan kalau, penegn nambahin link nya gimana pas kita pengen nyatet artikelnya

    BalasHapus